SELAMAT DATANG

Selamat datang di www.madin-riu.blogspot.com Insya Allah bermanfaat

Rabu, 17 September 2008

Hidup Penuh Makna

Dalam sebuah hadits, Rasulullah Saw. bersabda "Khoirunnas anfauhum linnas" yang artinya : sebaik-baik manusia yaitu orang yang bermakna kepada orang disekelilingnya. Hadits ini memberi motivasi kepada semua manusia bahwa menjadi orang yang terbaik sebenarnya mudah, yaitu dengan hanya baik kepada sesama manusia yang ada disekelilingnya. Berbua baik, bermakna, berfaedah kepada orang lain misalkan saja : memberi santunan, memberi pertolongan, menyayangi, menghibur, tidak menyakiti kepada orang lain. Ini semua mudah kita lakukan, tetapi bagi yang mau.
Beri senyum kepada semua orang yang bertemu dengan kita, orang akan mengatakan bahwa kita baik. Rumus senyum 127; 1-kan hati, bibir ditarik kesamping 2 cm dan biarkan selama 7 menit. Praktekkan rumus ini Insya Allah akan menjadi orang yang bahagia, karena banyak teman, banyak saudara dan tidak punya musuh.
Jangan angkuh, karena angkuh dilarang Allah seperti dalam firman-Nya "dan janganlah kamu berjalan dimuka bumi dengan angkuh". Angkuh adalah sifat gumede "merasa gede, merasa penting, merasa pinter, merasa super dst." Karena orang angkuh sebenarnya berat karena menanggung beban; raut wajah yang sangar, dahi ditarik, mata melotot, bibir sulit terbuka, badan membusung dst. berat sekali......
Mari kita tawadhu', merunduk seperti ilmunya padi semakin tua semakin merunduk karena berisi. Orang yang tawadhu' itu merunduk hatinya, merendahkan hati, tapi bukan merendahkan diri. Artinya hatinya merasa malu dengan kebesaran Allah, malu dengan kekuasaan Allah, malu dengan sifat jaiz Allah. Idza arodallahu syaian an yaquulu kun fayakun. Ketika Allah sudah berkehendak, maka tinggal berkata jadilah maka jadi. Tawadhu' dan tawadhu'lah saudaraku jangan gumede.
Sedikit sumbangan pemikiran dari hamba Allah yang senantiasa mengharap rahamat, taufiq dan hidayah.
Mudah-mudahan kita berjumpa di surga Allah kelak dengan penuh senyuman. Amin.

Tidak ada komentar: